Sabtu, 14 Juli 2012

Menarik?

Kalau menyimak tuturan beberapa motivator dalam dan luar negeri selalu saya mendengar ajakan untuk "berani bermimpi, berani mewujudkan mimpi." Belum lagi pagi ini saya mendengar kicauan Paulo Coelho beberapa tahun silam terkait mimpi. Si empu sastra ini berkata bahwa hal yang menarik dari sebuah kehidupan manusia adalah kemungkinan mimpi kita menjadi kenyataan. Bagi saya ada benarnya, dan jelas benar karena tentulah yang namanya kesempatan untuk mewujudkan mimpi itu datang menghampiri setiap manusia dengan waktu dan cara yang berbeda. Namun benarkah hidup ini menarik hanya karena ada seonggok kemungkinan bahwa mimpi kita dapat menjadi nyata? apakah harus selalu begitu?

Bagi saya hidup tidak hanya sekedar menawarkan kemungkinan mimpi menjadi kenyataan, namun kemungkinan bahwa mimpi-mimpi kita tidak dapat menjadi kenyataan. Dalam kondisi semacam itu agaknya kurang normal kalau sesorang berkata bahwa hidup ini menarik lantaran mimpinya tidak kesampaian. Tapi barangkali di belakang hari, orang-orang yang tengah berada di situasi kehilangan kesempatan mewujudkan mimpi menjadi kenyataan dapat menyelami hal-hal menarik dari skenario hidup semacam itu. Dengan terbangnya kemungkinan kita mewujudkan mimpi, kita akan diajak menjelajahi berbagai macam situasi, rasa, pikiran dan pengalaman bahkan relasi yang mungkin saja tidak akan kita cecap kalau kita meraih kemungkinan mewujudkan mimpi kita.

Dari perenungan sederhana inilah saya menyadari bahwa entah kita memperoleh kemungkinan untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan atau tidak pada dasarnya hidup itu sudah menarik begini adanya. Maka tugas kita adalah menajamkan hati untuk melihat dan merasakan hal-hal menarik yang dipersembahkan oleh kehidupa setiap saat.

 

selamat menikmati akhir pekan :)

Wonosobo, juli 2012

Y. defrita R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar