Sabtu, 31 Desember 2011

butir-butir kecil kehidupan....(7)

Oke, this is the last day in 2011 :)

pada penghujung tahun 2011 ini kalau mau mencermati, kita akan banyak disuguhi dengan perjalanan kehidupan bangsa kita selama 2011, kehidupan para selebritis selama 2011 (yang ini bikin saya bertanya-tanya, emang apa hubungan kita sama mereka ya wkwkkwkwkwkwkw), dan ramalan tentang apa yang terjadi di tahun 2012. Anehnya tayangan macam begini ini ramai dikonsumsi sebagian besar masyarakat kita. Laris manis kayak kacang goreng yang dijual murah karena pake minyak curah :p

dan pada penghujung tahun 2011 ini pula ingatan saya melayang pada tanggal 31 Desember 2010 jam 24.00 saya dan tunangan saya berdoa bersama di ruang tamu rumah keluarga saya. Saya masih bisa mengingat doa-doa yang kami lantunkan. Dan yang paling membekas adalah kalimat doa yang dia ucapkan sepenuh hati, "Tuhan tolong sertai hubungan kami di masa mendatang" .

ketika saban hari menjelang pergantian tahun kita disodori oleh kaledioskop bangsa, seleb bahkan ramalan, saya bersyukur bahwa dalam pergantian tahun yang lalu, saya mengawalinya dengan doa syukur untuk hari-hari yang sudah berlalu lengkap dengan lembaran susah dan senang dan mengawalinya dengan setangkup permohonan Tuhan menyertai hari-hari mendatang yang sarat misteri...

maka sekali lagi pikiran ini melayang kepada Musa yang menyerahkan tampuk kepemimpinannya kepada Yosua yang masih muda belia. Yosua akan segera akan menjadi orang nomor satu yang mengawal bangsa Israel menuju peristiwa-peristiwa yang masih menjadi misteri dan menuju tempat perjanjian. Dalam lingkup ketidaktahuan akan masa mendatang, Musa tidak memberikan ramalan atau daftar kebobrokan di masa lalu, dia justru berkata,"Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan janganlah gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau" kata-kata Musa di Ulangan 31:1-8 itu diulang sampai 3 kali dengan maksud meneguhkan...menguatkan...

so, apa yang sudah terjadi pada tahun 2011 yang sebentar akan kita akhiri just remember this "ebenhezer" sampai di sini Tuhan sudah menolong maka tahun 2012 yang masih menjadi misteri itu yakinlah bahwa Tuhan tentu akan menolong...

selamat menjelang pergantian tahun bersama Tuhan :)

 

Bandung, penghujung tahun 2011

Y. defrita r.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar