Selasa, 13 Desember 2011

Teng-teng crit.....

Sudah hampir sebulan semenjak kematian tunangan saya, Abdismar Cordius Zandroto. Dan selama itu pula banyak orang memberikan respon, misalnya:

A: Kak, turut berduka cita ya...yang kuat ya kak

saya: makasih ya

B: kak, gimana tunangan kakak?

saya: (bingung juga ditanya begini) hmmm baik2 aja di rumah Bapa hehehehhee....

B: oh gitu

saya: (makin bingung dan saya milih senyum aja sambil ngloyor pergi berdoa tidak lagi ditanya begini hehehehehe)

dalam kesempatan berbeda....

B: kak, dimana tunangan kakak?

saya: (astaganagabonar...nanya lagi) hhehhehehe....kan dulu dah saya bilang, dia oke2 aja di rumah Bapa.

B: oh gitu ya kak..

saya: (senyum dan doa dalam hati "Tuhan tolong jangan sampe ketemu ni orang untuk ke-3kalinya dia nanya beginian lagi ya" amin)

dalam kesempatan yang sungguh berbeda....

C: udah tunangan ya? (sambil nglirik cincin saya)

saya: udah bu...

C: kapan kawin?

saya: heheheheh...tunangan saya dah meninggal dunia bu

C: hah? yang bener?

saya: (dalam hati saya bilang "ya iyalah bener masak iya boong", tapi sambil senyum) iya bu bener.

C: kenapa? sakit? kecelakaan? ditabrak? motor apa mobil?

saya: tabrak mobil bu.

C: wah, udah dapet jasaraharja? dapat berapa puluh juta? mestinya dapat banyak kan dah meninggal?

saya: (buset dah baru ini dapat respon ajib) saya gak tahu bu dan gak ngurusin itu. itu mah udah jadi urusan keluarganya dia aja.

 

Hahahahhaa...ya itulah sekelumit respon dari orang2 yang ada di sekitar saya. Lucu2 dan kadang bikin saya keki juga ngakak kalo nginget. tapi rata2 orang pada heran kenapa sikap saya adem ayem dan tau gak kalo sebagian dari mereka mikir saya bakalan depresi sampe gak bisa pelayanan lagi. OMG!

tapi ya gak apa2 itu respon dan ekspetasi tiap orang...beda2 kan. Saya cuman mau bilang kalau proses saya menerima realita kehilangan itu sudah saya lampaui. jadi saya udah gak ribut lagi sama soal begituan. justru yang sedang saya lakukan adalah proses beradaptasi dengan kenyataan bahwa i have no partner like Abdis dan saya mustri memandang ke depan...ada banyak hal yang menunggu saya...ada banyak yang musti saya kerjakan. nah itu dia proses yang sedang saya alami.

well, saya juga berkali-kali share dengan roomate saya. Saya bilang ke dia kalo saya emang kehilangan tapi saya gak ngrasa "pincang". Somehow, Tuhan kasih kekuatan yang luar biasa buat saya bisa survive dan pada akhirnya saya ngliat persitiwa kedukaan saya sebagai sesuatu yang berharga banget untuk ngebentuk saya jadi pelayan yang handal! Gila ya, kalo Tuhan mau ngebentuk pelayannya gak tanggung2 cara dia ngebentuk. Mulai dari peristiwa kehilangan papa dalam suatu kecelakaan, kehilangan kakak tingkat karena hanyut di laut dan saya jadi sie acara dalam kegiatan outdoor itu dan sekarang kehilangan orang terdekat saya. Wuiiiidddiiiih....saya bener2 banyak dapat pelajaran berharga dari peristiwa yang menguras energi ini. beberapa pelajaran yang saya dapet:

> Tuhan tuh kalau mau kasih kita pelajaran, sebelumnya dia udah nyiapkan loh

Kamis tanggal 18 November jam 24.00 saya baru aja nutup telepon setelah ngobrol lama dengan tunangan saya. pas saya mau merem ada suara di hati saya "ini terakhir kali kamu denger suara dia dan doa bareng dia". wuiiih saya kaget dan langsung doa malem itu. dan selama hari Jumat pas peristiwa itu, saya gak ada firasat apa2 dan bahkan pasca peristiwa saya berkali-kali ditunjukkan oleh Tuhan kalo Dia itu punya skenario gak sembarangan...Dia udah nyiapkan saya dan Dia nunjukin kehadiranNya.

> Dia pengen saya belajar menghayati kedukaan

gak mudah loh ngehibur orang yang lagi berduka salah2 kita bisa ditendang sama mereka yang berduka. saya mengamati orang2 yang datang dengan ungkapan duka mereka. dan saya belajar kalo yang diperlukan oleh mereka yang lagi berduka adalah "just stay with me don't talk" itu aja.

>Dia pengen saya menguatkan banyak orang khususnya keluarga yang sedang berduka.

gak mudah nguatin orang lain selagi diri sendiri masih menata hati. Tapi saya tahu secara manusiawi saya mah jelas gak akan mampu. Maka pada titik2 tertentu doa saya cuman "Tuhan saya gak mampu...Tuhan tolong saya!" dan saat itulah saya ngrasa dapat kekuatan baru.

>Lewat peristiwa ini banyak bagian dari Alkitab yang bukan cuman saya tahu tapi saya bisa ngrasain...bisa menghidupi dan pada akhirnya teks itu menjadi begitu dalam dan realistis

 

well, itu sekelumit pelajaran yang saya dapet dan saya masih nunggu apa pelajaran lain yang akan saya dapet dari peristiwa ini....

 

 

Bandung, desember 2011

Y. defrita R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar