Senin, 13 Oktober 2008

nderek Gusti Yesus?




Tadi pagi saya tertegun ketika mengikuti ibadah kampus yang memang biasa dilaksanakan pada hari senin dan diikuti oleh civitas akademika dan juga karyawan kampus. saya memang terlambat datang karena setiap hari senin pula di kontrakan saya ada Monday Morning Service (MMS). Saya hanya kebagian sedikit narasi dan lagu2 di ibadah kampus hari ini. hal yang membuat saya tertegun adalah ketika dalam ibadah disinggung mengenai Mengikut Yesus! Alamak!!! topik yang sangat sulit saya hidupi. Mengikut Yesus? Nderek Gusti Yesus? yang bener aja? sekarang ini? itulah respon saya ketika mendengar kalimat tersebut.
ditambah lagi dengan ajakan untuk mendengarkan lalu mengikuti Yesus. perhatikan kata-kata yang dipakai semuanya kata kerja! aktif! berarti ada respon secara aktif dari manusia untuk mengikuti Yesus...terlibat secara aktif di dunia. saya tertarik untuk mengurai kata mendengarkan. dalam bahasa inggris kita pernah minimal mendengar atau mengatakan kata obedience. kata ini dalam bahasa latin berarti mendengarkan. see...mendengarkan menuntut ketaatan. lalu baru bisa nderek Gusti Yesus.
di akhir ibadah kami menyanyikan lagu dari KJ yang kalau tidak salah Ku Mau berjalan dengan Juruselamatku. ada bagian dari lagu tersebut yang lagi-lagi membuat saya terkejut... begini kata-katanya:
Ku mau berjalan dengan Juruselamatku
di lembah berbunga dan berair sejuk
ya kemana saja aku kan mengikutNya
sampai aku tiba di negeri baka.

Nah... Nderek Gusti Yesus tidak hanya di lembah yang penuh bunga indah dan kicauan burung. tapi juga nderek Gusti Yesus saat jalan yang dilalui penuh dengan onak dan duri. Wah...kalau sudah begini mengikut Yesus bukan perkara gampang. tidak semudah mengucapkan pengakuan iman rasuli. cilakanya lagi, nderek Gusti Yesus itu ya berarti manut ke mana Gusti Yesus mengajak kita berjalan. mau jalannya susah...mau jalannya mudah...ya tetap harus manut sama Gusti Yesus. nderek mlampah mawon.

tiba-tiba saya membayangkan, kita berjalan bersama Yesus bersebelahan. ya...seperti icon Yesus dan sahabatNya itu. berjalan berdampingan. duh..kalau seperti ini setidaknya nderek Gusti Yesus itu tidak terlalu sulit..lha konco mlampahnya Gusti sendiri kok.

nah...bagaimana, apakah kita sanggup nderek Gusti Yesus?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar