Jumat, 24 Oktober 2008

Mollusca tanpa rumah


suatu malam di kamar mandi kontrakan saya ada seekor hewan yang nyaris mirip bentuknya dengan lintah atau pacet. semula saya mengira hanya satu, namun astaganaga...ternyata mereka ber-4!!!! yah, mereka nongkrong di kamar mandi saya setiap malam rupanya. pada mulanya saya jijik melihat hewan ini dan bersumpah tidak akan mau satu kamar mandi atau satu ruangan dengan hewan ini. saya berani bersumpah seperti ini karena kontrakan saya punya 2 kamar mandi. yang satu sangat besar dan biasa dijadikan tempat nongkrong hewan-hewan itu. sedangkan kamar mandi yang lain lebih kecil ukurannya dan nyaris tidak dikunjungi oleh hewan-hewan itu.

setiap kali saya melihat hewan itu nongkrong di kamar mandi, saya selalu merasa jijik dan lutut saya lemas. pernah suatu kali saking kagetnya saya teriak-teriak melihat hewan-hewan itu bergerombol!!!! otomatis teman-teman di kontrakan pada bangun dan menenangkan saya yang histeris melihat gerombolan hewan itu. barangkali kalian pada bingung kenapa saya sampai histeris seperti itu? teman saya bercerita bahwa hewan itu bisa menggigit manusia bahkan menghisap darahnya. teman yang lain bercerita bahwa hewan itu mampu melompat dan menempel kuat pada tubuh manusia! wah, kayak spiderman dong! tapi yang terakhir ini jelas amat sangat tidak masuk akal. karena kalo kita melihat anatomi tubuh hewan ini, saya yakin 1000% dia tidak memiliki otot atau tubuh yang aerodinamis yang memungkinkan dia melompat dan mencengkram kuat di kulit manusia. hewan ini cuma punya lendir!!

puncak dari kejengkelan saya karena keberadaan hewan itu adalah ketika suatu malam hewan-hewan itu menginvasi kamar mandi yang lebih kecil dan juga kamar mandi besar!!! saya benar-benar jengkel dan saya berjanji akan mencari tahu siapa hewan ini sebenarnya! malam itu saya terpaksa ke kamar mandi namun dengan perasaan jijik melihat hewan-hewan itu bergerombol di dinding kamar mandi!!! semalaman saya tidak bisa tidur nyenyak memikirkan siapa sebenarnya hewan-hewan itu.

benar saja, ketika hari sudah pagi saya putuskan untuk segera bergegas mandi dan ke kampus untuk on-line. saya benar-benar penasaran. saya jadi merasa mirip Thomas murid Yesus itu yang percaya karena melihat dan mengenal langsung!!!

voila!!!! akhirnya saya tahu hewan ini ternyata bernama "Mollusca Vaginula" alias "Siput tak bercangkang/ tak berumah". jadi sepanjang hidupnya dia tidak akan pernah memiliki rumah atau cangkang. hmmm...saya baru sadar bahwa memang postur tubuh hewan ini mirip sekali dengan lintah namun sekaligus dia memiliki antena. bukankah lintah tidak memiliki antena?? Aha!!! yah, hewan yang nongkrong di kamar mandi saya tiap malam itu benar-benar "Siput tak bercangkang".
dan ini yang membuat saya lebih bergembira lagi...hewan ini HERBIVORA!!! alias tidak menghisap darah atau makan daging!!! Wah...inilah puncak REKONSILIASI saya dengan hewan-hewan itu. dari informasi itu saya mampu menerima keberadaan mereka di kamar mandi saya.

learning points yang saya dapatkan adalah:
pertama, saya merasa kasihan dengan keberadaan hewan-hewan ini, WHY? karena memang dari awalnya mereka tidak akan pernah punya cangkang, namun yang lebih sial lagi...mereka tidak punya LAHAN. apa sebab? lahan-lahan kosong habis dijadikan bangunan beton. sekarang mereka cuman minta satu ubin di kamar mandi saya untuk mengadakan rendevouz dengan sanak familynya...kok saya sebagai manusia malah marah-marah dan jijik. padahal saya sedang berdiri di atas lahan mereka. karena lahan semakin sedikit tak heran kalau mereka dan sanak keluarganya menginvasi kamar mandi saya...it's ok!
kedua, dari peristiwa ini saya sadar bahwa saya mirip sekali dengan Thomas murid Yesus itu. saya punya curiousity yang besar dan akan percaya kalau saya melihat langsung atau ada fakta-fakta yang bisa dipertanggungjawabkan. ada sisi positifnya, saya tidak termakan desas desus begitus aja namun mencoba mencari tahu kebenaran beritanya. sisi negatifnya, rasio saya jalan tanpa keseimbangan hati. apa-apa harus ada pembuktiannya...

yah, itulah sekelumit kisah mengenai saya dan Mollusca tanpa rumah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar