Minggu, 08 Mei 2011

Banyak Orang, Banyak Belajar...

Semakin banyak aku bertemu orang-orang

semakin banyak warna yang terserap

semakin aku mengenali mereka

semakin aku menemukan

bahwa setiap orang ingin diterima

dihargai, diakui, disambut, dilibatkan...

bukan karena kita menginginkan sesuatu dari orang itu...

bukan karena apa yang dia miliki...

bukan juga karena kemampuannya...

tetapi karena semua orang ingin dirangkul.

semakin banyak aku bertemu orang-orang

semakin aku mengamati..

bahwa ada orang-orang "sulit"

agar aku memahami apa arti bersabar...

bahwa ada orang-orang yang semaunya sendiri...

agar aku memahami apa arti mengerti kebutuhan orang lain

bahwa ada orang-orang yang hanya akan menghubungiku kalau mereka butuh...

agar aku belajar mengembangkan relasi yang tulus dan ikhlas

bahwa ada orang-orang yang tidak menganggap ku ada...

agar aku belajar kerendahan hati

bahwa ada orang-orang yang menyapamu dengan basa-basi...

agar aku berusaha menyapa siapapun dari hatiku

bahwa ada orang-orang yang memperbincangkan aku di belakang...

agar aku berupaya untuk menegur sesamaku demi kebaikannya

bahwa ada orang-orang yang culas...

agar aku belajar welas

bahwa ada orang-orang yang mengukur ku dari status sosial dan apa yang ku miliki serta pakai...

agar aku belajar arti tidak melekat pada materi

bahwa ada orang-orang yang selalu menganggap aku salah, tidak becus, bodoh...

agar aku belajar meningkatkan kualitas diriku

bahwa ada orang-orang yang memandangku terlalu muda untuk memimpin mereka...

agar aku tiada jemu menimba pengalaman dari setiap ceruk kehidupan

bahwa ada orang-orang yang dengan tulus mengasihiku..

agar aku melihat perwujudan kasih Allah padaku

bahwa ada orang-orang yang mau berteman dengan ku tanpa melihat status sosialku

agar aku mengamini Allah yang tiada pernah memandang apa yang ku punya

bahwa ada orang-orang yang mau menasehatiku

agar aku melihat Allah yang tidak pernah membiarkan aku tergelincir dan jatuh

bahwa ada orang-orang yang mau mendengarkan keluh dan tawa ku...

agar aku mengimani Allah yang tidak pernah jemu menyendengkan telingaNya padaku

bahwa ada orang-orang yang menggandeng tanganku

agar aku percaya bahwa Allah bersamaku...

terimakasih untuk setiap warna yang dibawa masuk ke dalam lembaran hidupku...

 

 

 

Darmo satelit, 8 Mei 2011

Y. Defrita R.

(refleksi pribadi untuk hari jum'at kemarin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar