Selasa, 31 Maret 2009

SELINGKUH????????

Beberapa hari yang lalu saya ngobrol dengan teman saya via telepon seluler. sudah lama kami tidak berjumpa, maka acara ngobrol via telepon tidak kami sia-siakan. malam itu obrolan kami memuncak pada topik "Selingkuh". topik ini "dibuka" ketika teman saya ini menceritakan pengalamannya. saat itu pasangannya selingkuh dengan orang lain yang tak lain dan tak bukan adalah teman dekat mereka berdua. barangkali bagi para pembaca ini bukan yang "aneh" atau "spektakuler" yah barangkali karena "selingkuh" sudah membudaya...begitu saya berseloroh pada teman saya ini.
terbersit di benak saya, mengapa mesti selingkuh? ganti teman saya berkelakar demikian,"ya iyalah jeng...selingkuh itu kan selingan indah keluarga utuh..." saya tertawa getir. entah dia serius atau tidak tapi bagi saya yang namanya selingan mah kagak bakalan bisa bikin keluarga atau relasi jadi utuh dan penuh.
lalu kami masuk dalam diskusi kecil-kecilan soal selingkuh tadi. saya pikir ,orang selingkuh karena mungkin:
1. kagak puas ma pasangannya. kurang bisa nrima pasangannya, tapi kagak berani ngomong langsung.
2. ngerasa jenuh ma hubungan yang terjalin selama ini.
3. (ini mah emang bawaan orok kali ya) ya selingkuh karena udah "habbit"(Wadow...bahaya!!!!)
4. di atas segalanya itu adalah : ADANYA NIAT dan KESEMPATAN (udah kayak pesennya bang napi aje)
teman saya setuju dengan analisa kecil-kecilan yang saya bikin..
pikiran saya tergelitik dan terus bertanya-tanya, "adakah kepuasan yang di dapat dari selingkuh?","adakah adrenalin terpompa ketika selingkuh?", "adakah keuntungan dari selingkuh?"
teman saya mengatakan bahwa kagak ada untungnya selingkuh. lalu saya bilang bahwa dia ngrasa kagak ada untungnya karena dia jadi "korban" (he50 ^o^...maap jeng...just kiddin kok) tapi barangkali bagi pelaku selingkuh...ya jelas ada untungnya dong...kalo nggak...ngapain juga selingkuh.
teman saya bilang bahwa akar dari selingkuh adalah "kesulitan komunikasi". berarti ada pagar-pagar yang melingkupi pasangan2 tertentu sehingga mereka sulit "melompati"pagar itu dan berkomunikasi dengan lancar. apa aja ya pagar2 itu?
a. pribadi yang introvert.
b. menganggap masalah yang terjadi tidak harus diselesaikan.
c. emang udah niat kagak mau ngomong (ini analisa "ngaco" dari saya dan teman saya)
d.EGO...nah lo, ini dia nih yang paling syusyah bin syulit dihilangkan. kalo dah egonya gede ....lebih gede katimbang cintanya...walah2...musti aja susah mau terbuka ma pasangan...
akhirnya kami berdua nyadar bahwa membina hubungan...hubungan apa aja...entah temenan, pacaran, tunangan, pernikahan....teuteup kudu mempraktekkan komunikasi yang terbuka...jangan pake bahasa batin ya...kagak ada yang ngarti kale...terus musti bisa nrima kekurangan dari pasangan kita yang kagak mungkin diubah....sstttt...satu lagi: JANGAN BIARKAN DIRIMU TERGODA OLEH KESEMPATAN UNTUK SELINGKUH!!! waspadalah...waspadalah...
dan malam semakin larut maka kami mengakhiri acara teleponan kami..


salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar