Jumat, 02 November 2007

another story

penelitian yang aku lakukan selama 10 hari memang telah membawa aku makin dekat pada apa makna kehidupan. apa yang ku punya selama ini ternyata sangat berharga...aku baru merasa bahwa aku berharga. setidaknya aku punya kesempatan untuk berbagi dan meraih apa yang ingin aku raih. kehidupan masyarakat tempat aku melakukan penelitian sangatlah bersahaja. jauh dari hingar bingar dan kemunafikan kota. aku mendapatkan keraamahan asli-demikian aku menyebutnya. keramahan yang sekarang hampir punah.tetapi aku juga merasa teriris - iris ketika aku melihat kenyataan hidup disana. mereka menghadapi masalah yang sudah klasik sekali...yaitu KEMISKINAN dan ini disebabkan oleh kondisi geografis disana. mereka bertani hanya 8 bulan tak bisa bertani sepanjang tahun kenapa? karena kesulitan dalam irigasi. sistem pertanian yang mereka pakai adalah tadah hujan. dan mereka baru mulai bertani saat musim penghujan tiba. dan 4 bulan sisanya mereka menjadi pengangguran musiman ada juga yang bregabung di home industry yang ada di sana. gabung di home industry ternyata tak terlalu banyak memabwa hasil. bayangkan saja mereka dihargai Rp.9.500 untuk satu buah kursi rotan yang mampu mereka buat. aku pikir ini keterlaluan.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar